Banjir setinggi 1.5 meter rendam sebagian wilayah Kota Padang

Hujan lebat yang mengguyur kota Padang sejak rabu sore pukul 16.00 WIB, mengakibatkan 11 wilayah kota Padang terendam banjir. Menanggapi situasi tersebut, Tim Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI Sumbar dikerahkan untuk evakuasi warga (19/6).

Kepala Markas PMI Sumbar, Hidayatul Irwan selaku pimpinan operasi melaporkan operasi tanggap darurat banjir ini mengutus 25 personil yang merupakan satuan siaga bencana PMI Sumbar dan relawan PMI Kota Padang. Operasi menggunakan 3 unit kendaraan medan, 1 unit ambulans dan 3 unit perahu karet.

“Personil kami sebar dibeberapa titik lokasi. Ada yang di daerah RSUD Padang, Sungai Lareh, Griya, Dadok Tunggul Hitam dan Simpang Kalumpang.” ungkap Hidayat. Selain PMI, beberapa relawan dari SAR Padang dan potensi SAR juga ikut membantu jalannya evakuasi ini.

Proses evakuasi hingga pagi ini masih berlangsung. Di daerah Simpang Kalumpang, Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah, genangan air sudah mencapai tinggi badan orang dewasa. Beberapa warga sudah dievakuasi ketempat yang lebih aman.

Namun, berdasarkan laporan warga, ada 4 orang warga yang diduga mahasiswa terkepung di kawasan Kampus Universitas Perintis Indonesia. Tingginya air membuat akses jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan.Sehingga evakuasi harus dilakukan menggunakan perahu karet.

Sementara itu, banjir setinggi 1,5 meter juga merendam rumah warga di Jalan. DPR, Dadok Tunggul Hitam. Hingga berita ini turun sebanyak 20 Jiwa diantaramya 5 balita dan 1 lansia telah berhasil dievakuasi oleh tim TDB PMI menggunakan perahu karet. Warga di evakuasi ke sebuah musholla.

PMI bersama BPBD, SAR Padang, TRC Semen Padang dan potensi SAR lainnya yang sudah berada dilokasi banjir akan terus siaga sampai situasi aman. “Kami akan standby disini. Melihat situasi dan kondisi. Jika ada permintaan untuk evakuasi kami akan bantu.” jelas Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu