Pantau Langsung Operasi TDB Gempa PMI, Ketua Umum Palang Merah Indonesia, M. Jusuf Kalla Kunjungi Markas PMI Provinsi Sumatera Barat

Dalam rangka Operasi Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Pasaman dan Pasaman Barat, Ketua Umum Palang Merah Indonesia, M. Jusuf Kalla (JK) berkunjung ke Markas PMI Provinsi Sumatera Barat hari ini, Sabtu (19/3).

Ketua Umum PMI, M. Jusuf Kalla tiba di Markas PMI Provinsi Sumatera Barat

Kunjungan ini bertujuan untuk memonitor operasi transisi darurat bencana gempa bumi Pasaman dan Pasaman Barat yang masih dilakukan PMI hingga saat ini.

JK yang didampingi Kapolda Sumbar dan Sekda Provinsi Sumbar mendengarkan laporan giat selama tanggap darurat dan masa transisi darurat bencana pada saat ini, baik secara langsung dari Markas PMI Sumbar maupun secara online bersama tim lapangan PMI yang bertugas di lokasi bencana.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 ini menyampaikan maaf kepada masyarakat Pasaman Barat dan Pasaman karena belum sempat berkunjung ke lokasi bencana. Namun, ia berjanji akan terus memantau dan membantu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak sesuai dengan tugas pokok dan fungsi PMI.

Sambutan Ketua Umum PMI, M. Jusuf Kalla

“Dampak bencana seperti ini sangat lah panjang, bisa setahun bahkan sampai dua tahun. PMI siap membantu sampai akhir.” tegas JK

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan Logistik PMI Sumbar, Jasmarizal melaporkan layanan PMI saat ini fokus pada pedistribusian air bersih dan pembangunan Rumah Hunian Sementara (Huntara) untuk warga yang rumahnya rusak berat.

Jasmarizal mengatakan, hingga hari ini PMI telah mendistribusikan sebanyak 232.000 liter air bersih untuk masyarakat yang terdampak gempa di Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman. Sementara itu, pembangunan Huntara saat ini juga masih berlanjut.

“Targetnya, PMI bangun 400 unit huntara. Sekarang sudah selesai dibangun 61 unit dan sudah ditempati warga.” terang Jasmarizal.

Dijelaskannya, huntara ini dibangun dari hasil donasi masyarakat dan lembaga lain yang diberikan melalui PMI. “Kita sangat bersyukur dan semakin semangat berkat antusias masyarakat berdonasi, pembangunan Huntara ini berjalan lancar dan cepat” ucap Jasmarizal

Jasmarizal sangat berharap bantuan terus mengalir agar target pembangunan tercapai. “Kepada masyarakat, semoga donasi kita tidak terputus. Mari kita sama-sama membantu saudara kita yang terkena musibah, agar mempunyai tempat berlindung yang layak” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu