PMI Sumbar Boyong PMR Ikuti JUMNAS IX PMI di Lampung

Aristo Munandar, Ketua PMI Sumbar pastikan ikuti Jumbara Nasional (JUMNAS) ke-9 Palang Merah Indonesia yang akan diadakan di Lampung pada 2-10 Juli mendatang. Ia telah menyiapkan kontingen untuk mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Mantan Bupati Agam ini, menyampaikan bahwa PMI Sumbar telah mempersiapkan kegiatan ini selama satu tahun. “Memang sudah menjadi kegiatan rutin PMI se-Indonesia yang diadakan oleh PMI Pusat, maka dari itu kita tidak boleh absen. Jadi, semua sudah kita persiapkan lebih awal”, ucap Aristo didampingi jurubicara PMI Sumbar , Eko Yanche Edrie (30/5)

Aristo juga mengatakan, pihaknya pun telah melakukan seleksi kepada seluruh siswa-siswi di Kab/Kota se-Sumatera Barat  yang tergabung dalam organisasi Palang Merah Remaja (PMR) pada hari Minggu 7 Mei lalu di Markas PMI Provinsi Sumatera Barat. Seleksi tersebut bertujuan untuk menemukan peserta yang kompeten sehingga dapat mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat, PMI dan sekolah mereka masing-masing.

Proses Seleksi PMR sebagai Kontingen Inti JUMNAS IX PMI dari Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di Markas PMI Provinsi Sumatera Barat (7/5)

“Kegiatan ini adalah kesempatan yang baik bagi anak-anak kita di PMR untuk menambah wawasan dan pengalamannya dibidang kemanusiaan, semoga semakin semangat kedepannya dalam membantu sesama dan menjadi anak yang berguna di keluarga dan lingkungannya”, tutur Aristo.

Pasalnya, Jumbara (Jumpa, Bakti, Gembira) Nasional IX Palang Merah Indonesia merupakan ajang pertemuan relawan PMI tingkat remaja yang disebut Palang Merah Remaja (PMR) di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan karakter Kepalangmerahan sejak dini dan melahirkan PMR yang cerdas, kreatif dan berjiwa sosial. Sebanyak 4.262 peserta akan mengikuti kegiatan tersebut. Tidak hanya peserta dari Indonesia, namun PMI Pusat juga mengundang Palang Merah Remaja dari Negara tetangga.

Kepala Markas PMI Sumbar, Hidayatul Irwan selaku Pimpinan Kontingen dari Sumatera Barat mengatakan kontingen inti yang diutus merupakan PMR yang sudah melalui tahap seleksi sebanyak dua kali, yaitu seleksi Kab/Kota dan seleksi Provinsi. “Jadi mereka yang lolos adalah yang terbaik dari pilihan Kab/Kota masing-masing”, terang Hidayat

Arahan untuk Kontingen PMI Provinsi Sumatera Barat pada JUMNAS IX PMI yang akan dilaksanakan pada Juli mendatang

Sebanyak 67 orang peserta utusan PMI Kab/Kota yang mengikuti seleksi tingkat provinsi. Dari seleksi tersebut terpilihlah 36 orang peserta yang terdiri dari 12 orang PMR Mula (tingkan SD), 12 orang PMR Madya (tingkat SMP) dan 12 orang PMR Wira (tingkat SMA). Seleksi juga dilakukan untuk Pembina PMR di masing-masing sekolah, dari hasil seleksi juga terpilih sebanyak 6 orang Pembina yang kompeten dan akan mendampingi peserta PMR pada kegiatan Jumbar Nasional nanti.

Selain kontingen inti, PMI Provinsi Sumatera Barat juga membawa 50 orang Peninjau dan Pendukung Kontingen yang terdiri dari Pengurus, Pegawai, Pembina PMR dan PMR serta Relawan PMI se-Sumatera Barat.

Agar lebih meningkatkan performa kontingen, PMI Sumbar juga akan melakukan latihan bersama sebelum diberangkatkan ke Lampung. “Insha Allah TC akan kita laksanakan pada akhir Juni, seminggu sebelum keberangkatan kontingen”, jelas Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu