Semakin Aktif, PMI Kabupaten Pasaman Tanam 1.100 Batang Pohon, Meriahkan HUT PMI 78

PMI Kabupaten Pasaman tahun ini ikut ambil andil dalam Peringatan HUT PMI yang ke 78 dengan melakukan giat penanaman pohon produktif di Nagari Air Manggis Barat, Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman, Selasa (19/9). Sebanyak 1.100 batang pohon akan ditanam di kawasan Kampung Padang Dareh dan Padang Sarai, Nagari Air Manggis Barat.

Ketua PMI Kabupaten Pasaman Barat, Sabar AS dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajakan kemanusiaan yang diusung dari PMI Pusat melalui PMI Provinsi Sumatera Barat dalam memperingati Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia yang ke-78 tahun. Sesuai dengan konsep HUT PMI tahun ini yaitu Aksi Cerdas Perubahan Iklim, PMI Kab. Pasaman berinisiatif untuk melakukan aksi penghijauan.

“Hal ini kita lakukan untuk menjaga lingkungan masyarakat agar tetap asri dan sehat ditengah dampak perubahan iklim di Indonesia saat ini”, ucap Sabar AS yang juga merupakan Wakil Bupati Pasaman.

Penyerahan Bibit Pohon secara simbolis dari Ketua PMI Kabuapaten Pasaman kepada Wali Nagari Air Manggis Barat, Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman

Tidak hanya itu,  penanaman pohon ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk kebutuhan hidup di masa yang akan datang. Pasalnya, bibit pohon yang dibagikan ialah pohon-pohon produktif seperti Pohon Jengkol, Matoa, Durian dan Pinang. Sehingga tidak hanya mendapatkan asupan oksigen, masyarakat juga nantinya dapat menikmati hasil dari pohon-pohon tersebut.

Mewakili Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan PMI Provinsi Sumatera Barat, Mirwan Pulungan menyampaikan apresiasi PMI Provinsi Sumatera Barat atas gerakan-gerakan kemanusiaan yang dilakukan PMI Kabupaten Pasaman. “PMI Pasaman telah bangkit dan semakin aktif melakukan giat kemanusiaan. Dalam setahun sudah terlihat perkembangannya” tutur Mirwan.

Ia mengatakan bahwa dari laporan yang diterima oleh PMI Provinsi Sumatera Barat, PMI Kabupaten Pasaman tahun ini aktif melakukan giat donor darah yang bekerjasama dengan UTD RSUD Pasaman. PMI Pasaman juga tanggap dalam penanggulangan bencana yang ada di wilayah Pasaman. Salah satunya melakukan penghijauan kembali di kawasan-kawasan longsor.

Sambutan Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan PMI Provinsi Sumatera Barat, Mirwan Pulungan dalam Kegiatan Penanaman Pohon Produktif PMI Kabupaten Pasaman

“Ditambah dengan aksi kemanusiaan hari ini, menjadi bukti bahwa PMI Pasaman kini semakin serius dan fokus dalam meningkatkan pelayanan kemanusiaan di wilayah Pasaman”, puji Mirwan.

Kepada masyarakat, Mirwan mengajak untuk senantias menjaga dan melindungi bumi demi kesejahteraan hidup sesama. “Mari bergerak bersama PMI, menjaga alam dan saling menolong sesama dengan sepenuh hati.” tutupnya

Diketahui, simbolis penanaman bibit pohon produktif tersebut turut dihadiri oleh Komandan Distrik Milter (Dandim) 0305 Pasaman, Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman, Mitra-Mitra PMI Kabupaten Pasaman, Relawan dan PMR serta Masyarakat Kampung Padang Dareh, Nagari Air Manggis Barat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu