Ketua Umum PMI Jusuf Kalla Resmikan Masjid PMI Sumbar, Jannatul Khair

Masjid yang berdiri di halaman Markas PMI Provinsi Sumatera Barat, hari ini, Jum’at (3/11) diresmikan langsung oleh Jusuf Kalla (JK), Ketua Umum Palang Merah Indonesia. JK beserta rombongan datang langsung dari Jakarta untuk menunaikan salat Jumat di Masjid yang perdana digunakan tersebut.

Masjid indah yang didominasi warna hijau dan emas ini diberi nama oleh JK yaitu Jannatul Khair yang berarti “Taman Kebaikan”. “PMI adalah wadah kita untuk selalu berbuat kebaikan, memberikan pelayanan kemanusiaan semata-mata hanya untuk menolong masyarakat, karena itulah saya memilih Jannatul Khair sebagai nama untuk Masjid PMI Provinsi Sumatera Barat ini”, jelas JK.

Sambutan Ketua Umum Palang Merah Indonesia, M. Jusuf Kalla sekaligus meresmikan Masjid Jannatul Khair, PMI Provinsi Sumatera Barat

Sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia, Ia juga mengapresiasi masyarakat di Indonesia yang semakin berlomba-lomba membangun rumah ibadah. “Rumah ibadah di Negara Barat hingga hari ini banyak yang sudah di jual karena sudah kurang jemaahnya. Namun kita di Indonesia justru banyak meresmikan masjid sebagai rumah ibadah,” kata JK.

Mantan Wakil Presiden dua periode ini juga mengatakan bahwa PMI merupakan lembaga yang tidak memiliki kantor, namun yang dimiliki PMI adalah markas. Hal ini dimaksudkan bahwa PMI tidak memiliki jam kerja dalam membantu masyarakat ketika dibutuhkan.

“Yang memiliki markas itu ada tiga, TNI, Polri dan satunya lagi PMI, artinya PMI tidak memiliki jam kerja masuk pagi pulang pada sore harinya. PMI akan terus bekerja ketika masyarakat membutuhkan. Terutama dalam keadaan darurat dan seperti memenuhi kebutuhan darah bagi pasien rumah yang tidak bisa menunggu hari esok,” ucapnya.

Kegiatan berlanjut pada penyematan Lencana Jasa Utama oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah didampingi oleh Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar. Dilanjutkan dengan serah terima bantuan 1 unit Ambulance dari Bank Nagari untuk pelayanan kemanusiaan PMI di Provinsi Sumatera Barat.

Penyematan Lencana Jasa Utama oleh Ketua Umum PMI, M. Jusuf Kalla kepada Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah

Tidak hanya itu, JK juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada perwakilan Donatur Masjid Jannatul Khair. Acara ditutup dengan Penandatanganan Prasasti Masjid Jannatul Khair oleh Ketua Umum PMI, Gubernur Sumatera Barat, Ketua DPRD Sumatera Barat yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat serta Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, yang juga pernah menjadi ketua PMI Kota Padang pada masanya juga mengatakan, semangat kepedulian relawan PMI di Sumbar telah terbukti dan teruji, terlebih di tengah situasi kebencanaan.

“Kehadiran mesjid di Markas PMI Sumbar tentu makin menyempurnakan amaliah relawan PMI di Sumbar. Semoga, pemerintah daerah di Sumbar terus meningkatkan sinergitas demi hadirnya rasa aman bagi masyarakat Sumbar,” ujarnya.

Foto Bersama Ketua Umum PMI, Gubernur Sumbar, Ketua PMI Sumbar, beserta Donatur PMI Provinsi Sumatera Barat

Ketua PMI Sumbar, Aristo Munandar, turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan mesjid di Markas PMI Sumbar. Ia juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Umum PMI serta para tokoh-tokoh hebat Indonesia, dalam kegiatan peresmian masjid tersebut.

Diakhir sambutannya ia menyampaikan Masjid Jannatul Khair yang diresmikan hari ini belum memiliki Temapt Wudhu dan Toilet yang layak. Aristo berharap ada solusi yang ditawarkan untuk mempercepat pembangunan tempat wudhu masjid tersebut, agar personil PMI dan masyarakat sekitar yang akan beribadah dapat menikmati fasilitias masjid yang layak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu