PMI Kabupaten Mentawai Lakukan Pengecekan Golongan Darah Gratis di Desa Sioban

Demi meningkatkan pelayanan donor darah untuk masyarakat Mentawai, PMI Kabupaten Kepulauan Mentawai adakan permeriksaan cek golongan darah secara gratis. Kali ini Markas PMI Kabupaten Kepulauan Mentawai menyisir wilayah Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan, Senin (20/11).

Pengecekan golongan darah gratis ini berlangsung di aula Kantor Desa Sioban. Kegiatan ini juga didukung oleh Puskesmas Sioban yang juga menjadi Markas PMI Kecamatan Sipora Selatan.

Ketua PMI Kabupaten Kepulauan Mentawai Hendri Dori Satoko menyebutkan, pengecekan golongan darah gratis ini bertujuan untuk memudahkan layanan donor darah saat masyarakat Mentawai membutuhkan darah.

“Untuk di Mentawai kita hanya menyediakan donor hidup apabila ada yang membutuhkan darah. Dikarenakan PMI saat ini belum memiliki tempat penyimpanan darah yang belum memadai”, ujar Hendri.

Hendri berharap kedepannya masyarakat yang sudah melakukan pengecekan golongan darah hari ini dapat membantu masyarakat lain yang membutuhkan darah. “Sewaktu-waktu dapat kita hubungi untuk melakukan donor darah yang sesuai dengan golongan darah yang dibutuhkan pasien”, tutur Ketua PMI Mentawai.

Warga Desa Sioban tampak antusias mengikuti giat pemeriksaan golongan darah gratis PMI Mentawai.

Diungkapkan Ketua PMI Mentawai, terkadang PMI dan Rumah Sakit sulit mendapatkan donor hidup. Maka dari itu perlu untuk lebih banyak pergerakan salah satunya ialah pengecekan golongan darah gratis pada masyarakat ini.

“Kita berharap kedepannya, layanan donor darah dan kebutuhan darah di Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak lagi terkendala, dan masyarakat mau menolong dan mendonorkan darahnya”, harap Ketua PMI.

Ia juga mengatakan, sekecil apapun kontribusi yang diberikan dalam membantu sesama pasti akan berarti dan bermanfaat bagi jiwa manusia yang membutuhkan.

Dalam hal ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah harus dimulai dari sekarang, mengingat kebutuhan darah yang dibutuhkan pasien di RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai semakin mendesak, dan lebih banyak, tutup Hendri. (Tirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu