PMI Sijunjung Ajak PMR Lakukan Bhakti Sosial

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sijunjung menggelar bhakti sosial bersama Palang Merah Remaja (PMR) membersihkan Masjid Istiqlal Muaro Sijunjung pada Jum’at (2/2).

Pada kegiatan ini PMI Sijunjung memboyong PMR Wira dari SMAN 1 Sijunjung, SMAN 2 Sijunjung, SMKN 2 Sijunjung, SMK Karya Mulya Muaro dan PMR Mula dari SMPN 7 Sijunjung. Tampak juga hadir Ketua PMI Kabupaten Sijunjung, Ny. Nedia Fitri Benny Dwifa bersama Wakil Ketua, dr. Edwin Suprayogi, Sekretaris PMI, Rezky Fitra beserta pengurus PMI Sijunjung lainnya.

Tidak hanya dari PMI, giat bhakti sosial ini pun turut diikuti oleh perwakilan OPD seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas PUPR, Dinas Perkim LH, Dinas Polpp Damkar, BPBD, Baznas, Bagian Umum dan Kesra Lingkup Setdakab Sijunjung.

Suasana Bhakti Sosial membersihkan Masjid Istiqlal Muaro Sijunjung

Ketua PMI Sijunjung, Ny. Nedia Fitri Benny Dwifa mengatakan, bhakti sosial ini merupakan implementasi kepedulian sosial PMI serta memberikan pelayanan terhadap fasilitas umum yaitu tempat ibadah.

“Sebagai organisasi kemanusiaan, kehadiran Palang Merah Indonesia (PMI) sangat berperan dalam membantu masyarakat. Tidak hanya sebagai organisasi pengelola darah, PMI juga memiliki fungsi yang sangat luas. Sejatinya fungsi PMI lebih luas dalam menjalankan tugas mulia, di antaranya membantu pemerintah dalam bidang sosial kemanusiaan seperti sosial gotong royong membersihkan tempat ibadah saat ini bertepatan juga dalam menyambut bulan suci Ramadhan,”ujar Nedia Fitri

Menurutnya, dalam menjalankan fungsinya, PMI bukanlah tugas yang ringan dalam memberikan bantuan kemanusiaan. Bantuan kemanusiaan juga menjadi prioritas PMI seperti saat menangani pandemi Covid-19, bencana banjir, kebakaran dan sebagainya.

Penyerahan secara simbolis First Aid KIT oleh Ketua PMI Sijunjung, Nedia Fitri kepada Pihak Sekolah

Ny. Nedia Fitri juga mengatakan, kedepan akan lebih mengaktifkan kembali Palang Merah Remaja (PMR) disekolah sekolah di Kabupaten Sijunjung sebagai kader kesehatan remaja disekolah sekolah dan kader cikal bakal relawan kemanusiaan nantinya

“Kita berharap kedepan Kabupaten Sijunjung akan menjadi Kabupaten PMI hendaknya,”harap Nedia Fitri

Disamping membersihkan Masjid, lanjut Nedia, PMI juga memberikan piagam dan First Aid KIT kepada sekolah dan semua siswa dan siswi yang berpartisipasi dalam melaksanakan giat bhakti sosial tersebut.

“Sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki, kita coba tetap menjalankan peran dalam beraktifitas sebagai organisasi kemanusiaan, ketika punya semangat kita gunakan itu untuk membantu sesama”,tambahnya.

Foto bersama dan penyerahan Piagam Penghargaan kepada PMR Sijunjung yang ikut dalam giat bhakti sosial.

Asisten III Setdakab. Sijunjung yang juga sebagai Wakil Ketua PMI Kab. Sijunjung dr Edwin Suprayogi, M. Kes menyatakan, “kegiatan seperti ini akan kita agendakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, kita akan gilirkan Masjid dan kita akan melibatkan semua unsur baik itu pengurus masjid, masyarakat sekitar, instansi hingga Sekolah – Sekolah,”ujarnya

Hal serupa juga di sampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Puji Basuki,”kegiatan yang kita selenggarakan ini sangat luar biasa, kita memicu semangat peserta didik dan peserta yang hadir berpartisipasi untuk bersama – sama menjaga dan merawat keindahan tempat ibadah dilingkungan kita masing – masing,”ujar Puji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu