Pantau Kondisi Pasca Gempa, Ketua PMI Sumbar Ajak Masyarakat untuk Terus Berdonasi Huntara

Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar hari ini memantau kondisi warga pasca gempa bumi 6.2 SR yang melanda Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat. “Huntara ini harus segera kita selesaikan” tegas Aristo (24/3)

Di Pasaman, Aristo bersosialisasi dengan warga Kampung Durian Gunjo, Jorong Siparayo, Nagari Malampah, terutama warga yang rumahnya hancur hingga tak bisa dihuni kembali.

Ketua PMI Sumbar, menyapa dan berdialog dengan warga Kampung Durian Gunjo, Jorong Siparayo, Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman

“Kondisi disini sangat memprihatinkan. Hampir 90 persen rumah-rumah di kampung ini rata dengan tanah, tidak bisa ditempati” terangnya.

Bersyukur beberapa warga sudah menerima bantuan Hunian Sementara (Huntara) dari PMI. “Alhamdulillah, beberapa warga sudah tinggal di Huntara yang dibangun PMI. Terimakasih kepada donatur. Semoga proses pengerjaan Huntara ini terus berjalan lancar” harap Aristo.

Hunian Sementara (Huntara) yang dibangun PMI

Saat dikunjungi, Gadih (70), salah satu warga penerima bantuan Huntara PMI mengatakan bahwa ia bersama anak-anaknya sangat berterimakasih kepada PMI, karena dengan Huntara ini mereka dapat beristirahat dengan lebih nyaman dibanding di tenda.

Kondisi rumah Gadih (70) pasca gempa bumi

“Beginilah kondisinya sekarang, semuanya hancur. Rumah saya dan rumah kedua anak saya hancur. Alhamdulillah kita dapat rumah ini (Huntara).” sebut Gadih sambil memperlihatkan kondisi rumahnya.

Aristo mengaku pembangunan Huntara oleh PMI hingga saat ini masih belum mencapai target. Hal ini disebabkan karena donasi yang diterima PMI Sumbar belum mencukupi. “Target awal PMI untuk Pasaman sebanyak 150 unit. Sekarang baru selesai dibangun 14 unit Huntara” tutur nya

Mantan Bupati Agam ini menghimbau masyarakat dan lembaga lainnya untuk terus memberikan donasi Huntara agar warga yang masih tinggal ditenda bisa menempati rumah yang lebih layak secepatnya.

“Kami (PMI) mengajak masyarakat semua untuk terus berdonasi. Saudara kita disini masih membutuhkan uluran tangan kita” himbaunya.

Ditemui di Kantor Camat Tigo Nagari,Pasaman, Camat Anasril melaporkan bahwa total rumah yang mengalami rusak berat sebanyak 528 rumah. Seluruh SKPD juga akan bergotong royong membangun Huntara tersebut, dimana masing-masingnya bertanggung jawab atas 10 unit. “Target kita sekitar 250 unit. Semoga selesai di bangun sebelum tanggal 2 April nanti” tutur Anasril.

Anasril juga berterimakasih kepada PMI dan lembaga lain serta masyarakat yang telah membantu membangun huntara. “Terimakasih banyak, kami sangat terbantu dengan kehadiran PMI sampai sekarang ini di daerah kami” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

9
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu