Menjaga Kapabilitas Relawan, PMI Agam Gelar Latihan Vertical Rescue Rutin

Agam – PMI kabupaten Agam gelar latihan rutin evakuasi korban di medan curam atau terjal (vertical rescue) pada Rabu, (5/01/2022) di Gor Rang Agam.

Kegiatan latihan rutin yang diadakan di hari Rabu ini diperuntukkan bagi relawan yang ingin belajar vertical rescue atau penyelamatan korban dan evakuasi korban yang memfokuskan kepada penggunaan tali temali. Alat yang digunakan berupa harnes, helm, sarung tangan, figur x, karabiner, dan tali kramantel.

Latihan Vertical Rescue Relawan PMI Agam

Masrizal ketua PMI Agam mengungkapkan bahwa latihan ini perlu dilakukan secara terus menerus karena sangat berguna dalam proses evakuasi korban, seperti evakuasi korban di ketinggian, di dalam sumur, maupun di air.

“Mengingat geografis kabupaten Agam yang beragam, tentunya latihan vertical rescue ini sangat diperlukan pada kondisi bencana,” tambahnya.

Namun, menurut Masrizal fasilitas yang digunakan untuk latihan sudah bisa dikategorikan tidak layak karena papannya sudah banyak yang lapuk sehingga sangat beresiko kalau digunakan dalam jangka waktu lama.

Masrizal berharap, pemerintah kabupaten Agam bisa memberikan fasilitas yang layak untuk latihan. “Sehingganya latihan ini tidak saja dinikmati oleh relawan namun juga masyarakat saat latihan rutin diadakan” ucap Masrizal. (Humas PMI Agam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu