asd

Diklat Calon Duta Kemanusiaan PMI-KOICA, PMI Sumbar Tandatangan MoU dengan Universitas PGRI Sumatera Barat

Hari ini Kamis (1/6) sebanyak 30 orang Calon Duta Kemanusiaan Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA), mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Duta Kemanusiaan yang diadakan oleh Palang Merah Indonesia bekerjasama dengan Korean International Coorperation Agency (KOICA) dalam program KOICA Goes to Campus. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung D Kampus II UPGRISBA.

Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Calon Duta Kemanusiaan dan Penandatanganan MoU antara PMI Sumbar dan PMI Kota Padang bersama Universitas PGRI Sumatera Barat

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas PGRI Sumatera Barat, Jaruddin, MA.,Phd.  Turut menghadiri Wakil Rektor I Univ. PGRI Sumbar dan perwakilan Tim dari PMI Pusat, Zamhari Misbahudin. Pembukaan ini juga diikuti oleh Ketua Bidang Pengembangan SDM dan Diklat PMI Sumbar, Wakil Ketua PMI Kota Padang, Kepala Markas PMI Sumbar serta Pembina KSR PMI Univ. PGRI Sumatera Barat.

Ketua Bidang Pengembangan SDM dan Diklat PMI Sumbar, Jefrinal Arifin dalam sambutannya menyampaikan  program ini bertujuan membentuk Duta Kemanusiaan, yang nantinya akan ditugaskan dalam Program KOICA Safety at Home. Duta terpilIh akan berperan mendampingi dan mengedukasi masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana yang mungkin terjadi di rumah.

Dikatakan Jefrinal, pada giat ini peserta Diklat akan diberikan pemahaman tentang bahaya pandemi dan cara penanggulangannya, yang akan dijelaskan langsung dari Dinas Kesehatan Kota Padang. Selain itu juga terdapat materi tentang teknik pemadaman api secara sederhana di rumah dan teknik pertolongan pertama secara praktis, yang disampaikan oleh fasilitator dari Dina Pemadam Kebakaran Kota Padang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Provinsi Sumbar ini sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMI ini dan berharap program tersebut dapat diduplikasi dan terus berlanjut kedepannya. “Kami ucapkan selamat berlatih dan yakinlah bahwa kegiatan ini akan membawa pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik lagi untuk kita semua, terutama adik-adik yang akan menjadi Duta Kemanusiaan PMI.” tutur Jefrinal.

Serah Terima Nota Kesepahaman (MoU) PMI Provinsi Sumatera Barat dengan Universitas PGRI Sumatera Barat.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas PGRI Sumatera Barat dengan PMI Provinsi Sumatera Barat dan PMI Kota Padang. MoU ini bertujuan untuk mewujudkan mahasiswa yang memiliki jiwa dan semangat kemanusiaan diliingkungan kampus, dengan upaya pembinaan dan pengembangan kegiatan kepalangmerahan bagi Unit Kegiatan Mahasiswa KORPS Sukarela Palang Merah Indonesia PGRI Sumatera Barat.

Zaiful Zakaria, Wakil Ketua PMI Kota Padang mengharapkan UPGRISBA yang merupakan satu dari delapan kampus pilihan di Indonesia dalam menjalankan program PMI-KOICA ini, dapat menjalankan program tersebut dengan baik. “PMI Kota padang juga mendukung sepenuhnya giat KOICA di Kota Padang,” ucap Zaiful.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8
Kepuasan Pengunjung

Apakah Anda puas dengan informasi yang disajikan website ini?

You will be redirected

Informasi Sejenis

WeCreativez WhatsApp Support
Kami senantiasa siaga demi kemanusiaan. Hubungi kami untuk informasi dan pengaduan.
Hotline PMI Sumatera Barat siap membantu